Makanan Sehat Penangkal Batuk Pilek

Cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini kerap menjadi sumber permasalahan bagi tubuh dengan memengaruhi sistem ketahanan sehingga menyebabkan tingginya risiko terserang penyakit. Salah satu permasalahan yang kerap datang adalah batuk pilek.

Ketika anda atau salah satu anggota keluarga terserang batuk pilek, yang pertama anda lakukan adalah melakukan pengobatan yang sesuai dengan kondisi tubuh. Namun nyatanya tindakan pengobatan tersebut masih belum akurat. Untuk itulah kami menyarankan pada anda untuk selalu memenuhi asupan bergizi Makanan Sehat Penangkal Batuk Pilek.

Makanan Sehat Penangkal Batuk Pilek



Ada beberapa jenis Makanan Sehat Penangkal Batuk Pilek yang bisa anda masukkan dalam menu makanan sehari-hari, diantaranya :

Bayam

Bayam mengandung folat yang berguna untuk membantu tubuh memproduksi sel baru dan memperbaiki DNA. Bayam juga mengandung serat, antioksidan, juga vitamin C yang dikenal sebagai penangkal flu.


Jamur

Sebuah studi menyebutkan bahwa jamur mengandung antiviral dan antibakterial. Jamur juga menjadi sumber vitamin D yang bak untuk sistem kekebalan tubuh.


Pepaya

Pepaya mengandung sekitar 250% RDa Vitamin C yang membantu mendorong virus flu keluar dari tubuh. Betakaroten, vitamin C dan E di dalam pepaya juga berfungsi mencegah peradangan di dalam saluran pernapasan.

Jeruk nipis

Jeruk nipis telah dipercaya menjadi obat alternatif untuk batuk. Hal ini dikarenakan jeruk nipis terbukti tinggi vitamun C yang efektif untuk imunitas tubuh. Selain itu, jeruk nipisa juga mengandung antiseptik alami untuk mengatasi sakit tenggorokan.

Kayu manis dan jahe

Kedua rempah ini mengandung eugenok yaitu komponen fitonutrien yang berfungsi sebagai antiseptik dan pereda nyeri. Dekongestannya juga berguna dalam mengurangi hidung tersumbat akibat dingin. Kayu manis juga bisa ditambahkan pada makanan atau dicampur dengan air hangat. Sedangkan efek jahe dengan ekspektoran dapat meringankan dahak.

Garam

memiliki khasiat antiinflamasi yang dapat membantu mengeluarkan lendir dan melegakan pernapasan, serta meredakan batuk dan radang tenggorokan. Untuk hidung tersumbat, atasi dengan meneteskan larutan garam fisiologis.

Cairan
Saat terserang batuk pilek, anda harus menjaga tubuh untuk tetap tercukupi kebutuhan cairan. Oleh karena itu, anda harus banyak minum air putih dan jus sari buah asli. Selain itu, teh hangat juga bisa membantu, namun anda harus menghindari kopi dan soda.

Anda bisa memilih jenis Makanan Sehat Penangkal Batuk Pilek mana yang akan anda manfaatkan untuk membantu penyembuhan batuk pilek tersebut. Semoga bermanfaat, salam sehat untuk semua. :)


Sumber www.readersdigest.co.id


Simak artikel bermanfaat lainnya :




0 Response to "Makanan Sehat Penangkal Batuk Pilek"

Posting Komentar